Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Implementasi KTSP pada tingkat satuan pendidikan dihadapkan dengan beragam kondisi. Pada awalnya unsur yang ada di sekolah tentunya akan merasakan adanya tantangan dan tuntutan baru disebabkan oleh pengembangan kurikulum tersebut.

Dalam implementasinya, tentunya guru diharuskan berpikir mengenai apa yang harus dilakukan, apa yang dibutuhkan siswa, bagaimana menyusunnya, bagaimana menggunakannya dan beragam pertanyaan lainnya.

Tentunya di dalam mengimplementasi KTSP di sekolah, semua unsur dituntut untuk mampu menjembatani antara tuntutan kurikulum dengan upaya yang harus dilakukan agar siswa memiliki kompetensi tanpa melupakan karakteristik yang mereka miliki. Menurut  Mulyasa (2008:178) Implementasi KTSP adalah bagaimana menyampaikan pesan-pesan kurikulum kepada peserta didik untuk membentuk kompetensi mereka sesuai dengan karakteristik dan kemampuan masing-masing.

Berdasarkan pengertian tersebut, tugas guru dalam implementasi KTSP adalah bagaimana memberikan kemudahan belajar kepada peserta didik agar mampu berinteraksi dengan lingkungan eksternal sehingga terjadi perubahan perilaku sesuai dengan yang dikemukakan dalam standar isi (SI) dan standar kompetensi lulusan (SKL) yang dituangkan ke dalam indikator.

Lebih lanjut Mulyasa (2008:178) menyatakan bahwa implementasi merupakan suatu proses penerapan ide, konsep, kebijakan atau inovasi dalam suatu tindakan praktis sehingga memberikan dampak baik berupa perubahan pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap. Berdasarkan definisi tersebut, implementasi KTSP dapat didefinsikan sebagai suatu proses penerapan ide, konsep dan kebijakan kurikulum (kurikulum potensial) dalam suatu aktivitas pembelajaran sehingga peserta didik menguasai seperangkat kompetensi tertentu sebagai hasil interaksi dengan lingkungan.

Implementasi kurikulum juga tentunya dapat kita lihat dari sudut pandang upaya untuk mengaktualisasikan kurikulum tertulis dalam bentuk pembelajaran. Dengan demikian kegiatan mengimplementasikan kurikulum merupakan suatu proses penerapan konsep, ide, program atau tatanan kurikulum ke dalam praktik pembelajaran atau aktivitas-aktivitas baru sehingga terjadi perubahan pada sekelompok orang yang diharapkan untuk berubah. Dikemukakannya juga bahwa implementasi kurikulum merupakan proses interaksi antara fasilitator sebagai pengembang kurikulum dan peserta didik sebagai subyek belajar.

Dalam buku Curriculum Corporation (2001:6) dinyatakan bahwa: “Menempatkan kurikulum baru dalam sebuah praktik dalam pembelajaran dapat menjadi sebuah bentuk kesempatan pengembangan bagi guru. Melalui penggunaan kurikulum tertentu dengan siswa, kemudian melaporkan apa yang terjadi dan merefleksikan ide-ide baru dan kegiatan yang baru, maka guru dapat mempelajari pola pembelajaran dirinya dan pola pembelajaran siswa”.

Guru sebagai pengembang kurikulum telah diberikan kebebasan sesuai amanah Permendiknas 24 tahun 2006 untuk mengembangkan kurikulumnya berdasarkan standar minimal yang telah ditentukan dalam bentuk Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Tentunya dalam mengimplementasikan KTSP sebagai sebuah bentuk kurikulum yang bernuansa baru membutuhkan waktu, sumber daya dan komitmen untuk melakukan pembaharuan. Hal ini bukan merupakan hal yang mudah namun harus diupayakan oleh semua guru di sekolah.

Memahami uraian di atas dapat dikemukakan bahwa implementasi kurikulum adalah operasionalisasi konsep kurikulum yang masih bersifat potensial (tertulis) menjadi aktual dalam bentuk kegiatan pembelajaran. Dengan demikian implementasi kurikulum merupakan hasil terjemahan guru terhadap kurikulum yang terdiri dari sekumpulan SK dan KD baik yang berdiri sendiri sebagai satu unik kompetensi maupun yang merupakan kualifikasi kompetensi (dua atau lebih unit kompetensi yang membentuk satu jenis kegiatan pekerjaan di dunia usaha dan dunia industri) yang dijabarkan ke dalam silabus dan RPP sebagai rencana tertulis.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s