Schwerin-Kota Wisata dengan Energi Terbarukane

<Magdeburg-Germany>

Setelah melaksanakan shalat Jumat di Mesjid Ar-Rahman Magdeburg, pada pukul 14.00 bersama beberapa teman kami menuju Magdeburg Hauptbahnhof.

Hari ini kami akan menuju Schwerin sebuah kota di daerah Ost See yang berada di negara bagian Mecklenburg-Vorpommern (http://www.mecklenburg-vorpommern.eu) untuk mengikuti Seminar “Nachhaltige leben durch Nutzung Erneuerbarer Energien und Stadrundfahrt Landeshauptstadt Schwerin”. Dengan menggunakan Deutsche Bahn kami menuju Schwerin. Perjalanan ke Schwerin selama 2 jam 26 menit dengan berganti kereta di Wittenberg. Kami tiba di Schwerin agak lambat 20 menit dari jadual tiba 17:44 kami tiba pada pukul 18:04. Setiba di Schwerin Hauptbahnof. Kami di jemput oleh Frau Schelling di Ausgang City Grunthaltplatz. Ternyata sudah ada teman-teman lain dari Amerika, Argentina, Peru, Rusia, Maroko dan Mesir yang telah menunggu.

Setelah dirasa lengkap (minus 3 orang teman dari Meksiko) pada pukul 18:29 kami meninggalkan  Schwerin Hbf menuju Solar Zentrum Wietow. Di Solar Zentrum ini selama 2 hari kami akan mengikuti Seminar dan menginap di Penginapan Solar Zentrum.

setelah menikmati makan malam yang diracik oleh Dr. Schmidt, kami mendapatkan informasi mengenai Program seminar secara keseluruhan dan diberi kesempatan memperkenalkan diri sebagai pengenalan antar sesama peserta.  Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan meteri pertama mengenai “Pentingnya Pembaharuan Energi bagi lingkungan”. Materi yang dibawakan oleh Dr. Schmidt memperlihatkan gambaran umum bagaimana sumber energi fosil di dunia ini semakin menipis dan bagaimana kondisi lingkungan dunia yang semakin kurang bersahabat yang disebabkan oleh eksplorasi yang dilakukan oleh ummat manusia. Beliau memperlihatkan beberapa tipe “Energi Terbarukan ” yang menjadi alternatif untuk mengatasi hal ini seperti bio gas, angin, air,  dan sinar matahari. Presentasi ini disampaikan dalam ruang pertemuan di Rumah Penelitan yang beliau rancang dengan menggunakan “tenaga matahari”.

setelah materi pertama yang begitu menarik dari Dr. Schmidt. Pada pukul 22.00 malam kami meninggalkan ruang pertemuan untuk beristirahat sebelum melanjutkan sesi seminar berikutnya pada pagi hari jam 09.00. Kami menikmati kamar di Solar Zentrum Haus yang di atur sedemikian rupa sehingga semua energi yang dipergunakan benar-benar dengan sumber energi alami.

Setelah makan pagi dengan menu Roti, Teh/Kopi dan Telur dadar ala Dr. Schmidt dan Team di Dapur yang juga menggunakan energi dari “tanaga matahari” kami melanjutkan sesi seminar dengan membahas mengenai “Sumber Energi yang memungkinkan untuk dipergunakan dan Jalan keluar terhadap permasalahan energi di muka bmi”. Dalam materi ini Dr. Schmidt kembali memperlihatkan film mengenai kondisi dunia dan memberikan gambaran bagaimana mengimplementasikan Erbauerenergi dalam kehidupan kita. Beliau memperlihatkan alasan kenapa negara-negara Eropa terutama Jerman sangat intens dengan penggunaan Energi Terbarukan. Beliau juga memaparkan kondisi Dunia khususnya Eropa tahun demi tahun sampai dengan tahun 2084 dengan sebuah penggambaran analisa iklim menggunakan komputer. Terlihat bahwa pada tahun 2084 suhu di Eropa pada saat musim panas akan menyamai Suhu di Afrika. Lalu bagaimana halnya dengan suhu di Afrika atau di Asia sendiri ??? tentu kita bisa membayangkannya.

Dari data yang Dr. Schmidt sampaikan terlihat bahwa dengan menggunakan Energi Terbarukan kita dapat menghemat sejumlah biaya yang harus dikeluarkan dan lebih penting lagi kita dapat menjaga kelestarian alam dengan tidak meninggalkan pengembangan teknologi. Sebagai gambaran dari sisi pembiayaan setiap orang di Jerman saat ini mengeluarkan sekitar 2.000 Euro per tahun per orang untuk kebutuhan energi atau sama dengan Rp. 24 juta per tahun (kurs 1 Euro= Rp. 12.000).  Dengan jumlah penduduk sekitar 83 juta orang b erarti Jerman membelanjakan dana khusus untuk tenaga listrik dan pemanas hampir sebesar 116 Milyar Euro. Dengan menggunakan energi terbarukan hal ini dapat ditekan seminimal mungkin.

Beliau juga memaparkan cara dan upaya bagaimana yang harus dilakukan untuk membangun rumah dengan konstruksi yang akrab dengan alam dengan menggunakan sumber energi terbarukan tersebut.

Setelah istirahat sejenak Sesi ketiga seminar dilakukan di luar ruangan dengan materi mengenal Solar Zentrum Haus lebih dekat dan informasi mengenai “Zukunft Haus” (Rumah Masa Depan) yang menggunakan tenaga matahari. Kami dibagi 2 kelompok, satu kelompok di pandu oleh Dr. Schmidt dan 1 Kelompok dipandu oleh Frau Dr. Schmidt yang sekaligus juga sebagai wakil Presiden EUROSOLAR Deutschland.

di sesi ini peserta juga dijelaskan mengenai teknologi bahan bangunan yang hemat energi yang dikembangkan oleh Solarzentrum dan juga mengenai teknologi Photovoltaik. Kunjungan dilakukan ke sekeliling rumah. Hal yang menarik adalah pengolahan air di Solarzentrum Haus yang menggunakan pola “penggunaan kembali” semua air yang ada sehingga ttidak perlu menambah lagi jumlah air yang dipergunakan.

kemudian peserta dibwa ke Zukunftshaus yang menggunakan tenaga matahari dan dilengkapi ruangan yang bisa diatur suhu sesuai dengan kondisi beberapa benua. Ada ruang dimana suhunya sama dengan di Afrika, Asia dan Eropa.

Setelah sesi tersebut, peserta istirahat makan siang. Setelah makan siang dilanjutkan dengan Sesi kunjungan ke Windpark Anlage. Windpark ini dikelola langsung oleh Frau Dr. Schmidt.  Beliau memberikan gambaran bagaimana beliau memulai mengembangakn windpark ini serta segala hal menyangkut teknologi yang dipergunakan dalam windpark ini. Hal yang menarik beliau menyatakan bahwa hal ini bisa dikembangkan dimana saja dengan 3 konsep dasar yang tharus dipenuhi yaitu; (1) Keberterimaan oleh masyarakat, (2) Kebijakan Politik dari Pemerintah, dan (3) Dukungan Pendanaan.

setelah kunjungan ke Windpark. Dilanjutkan dengan melakukan test drive “Solarauto” yang diciptakan oleh Dr. Schmidt. Mobil ini dapat dipergunakan 60 sd 80 km dengan menggunakan tenaga baterai dari tenaga matahari.

Seminar dilanjutkan dengan Sesi terakhir berupa tanya jawab dan evaluasi kegiatan seminar yang dilanjutkan dengan melihat Film “Energi Terbarukan di Eropa”. Dalam film ini memperlihatkan bagaimana kondisi alam dan upaya negara-negara Eropa untuk mempergunakan energi terbarukan.

Setelah pukul 22.00. Seluruh peserta beristirahat sebelum pada pagi harinya meninggalkan Solarzentrum menuju Schwerin untuk mengadakan kunjungan ke beberapa obyek wisata di Schwerin.

Tepat pukul 09.00 seluruh peserta dipandu oleh Frau Scnelling meninggalkan Solarzentrum menuju Schwerin. Sesampai di Schwerin Bahnhof dengan menggunakan stadtrundfahrt auto “Petermaennchen Bus”.

dengan menggunakan bus tersebut peserta diajak keliling Kota schwerin selama 1 jam dengan melihat gedng-gedung dan danau yang ada di sekitar Kota Schwerin. Kesan yang muncul adalah Kota Schwerin adalah kota sejarah dan penataan bangunannya sangat baik sehingga semua wilayah kelihatan bersih dan indah.

Akhirnya pada pukul 11.30 kami menyelesaikan perjalanan ke Schwerin setelah mengunjungi banyak tempat termasuk landmark Schwerin yaitu Schwerin Schloss

Pada Hari Minggu, 14 Nopember 2010 Pukul 12:17 kami meninggalkan Schwerin Bahnhof menuju Magdeburg dengan transit lagi di Wittenberg Bahnhof.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s